Panduan Pengisian



Indeks Kepuasan Masyarakat sebagai indikator kepuasan masyarakat disusun guna mengetahui seberapa besar kepuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan oleh instansi. Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (KEPMENPAN) Nomor 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat menyebutkan bahwa, Pedoman Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat dimaksudkan sebagai acuan bagi Unit Pelayanan Pemerintah dalam menyusun Indeks Kepuasan Masyarakat. Sehingga Indeks Kepuasan Masyarakat yang disusun dapat menunjukkan nilai kepuasan masyarakat secara keseluruhan.


KEPMENPAN Nomor 25 tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat, tujuan dari Indeks Kepuasan Masyarakat adalah "Untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya". Sedangkan bagi masyarakat, Indeks Kepuasan Masyarakat dapat digunakan sebagai gambaran tentang kinerja pelayanan unit yang bersangkutan.


Adapun parameter yang digunakan adalah sebagai berikut:

No Nama Parameter
1   Kesesuaian persyaratan pelayanan
2   Kemudahan prosedur pelayanan
3   Kecepatan waktu pemberian pelayanan
4   Kemampuan petugas dalam memberikan pelayanan
5   Kesopanan dan keramahan petugas
6   Kualitas sarana dan prasarana
7   Pengurusan tanpa biaya
8   Kesesuaian antara standar pelayanan dengan hasil
9   Penanganan pengaduan pengguna layanan


Kategori penilaian adalah sebagai berikut:

No Nama Kategori Nilai
1   Tidak Puas   1
2   Kurang Puas   2
3   Puas   3
4   Sangat Puas   4


Terimakasih atas partisipasi Anda dalam pelaksanaan survei Indeks Kepuasan Pelayanan Masyarakat di Kantor Regional I BKN, Yogyakarta.
Tim Pelaksana Survei Indeks Kepuasan Pelayanan
Kantor Regional I BKN